Nabi Muhammad saw berasal dari
kabilah Quraisy, tepatnya keturunan
Hasyim. Ayah beliau adalah
Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu
Hasyim. Ibunda beliau adalah
Aminah binti Wahb yang berasal
dari keturunan Bani Zuhrah, salah
satu kabilah Quraisy.
Setelah menikah, Abdullah
melakukan pepergian ke Syam.
Ketika pulang dari pepergian itu, ia
wafat di Madinah dan dikuburkan di
kota itu juga.
Setelah beberapa bulan dari
wafatnya sang ayah berlalu, Nabi
pamungkas para nabi lahir di bulan
Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di
Makkah, dan dengan kelahirannya
itu, dunia menjadi terang-
benderang. Sesuai dengan
kebiasaan para bangsawan Makkah,
ibundanya menyerahkan
Muhammad kecil kepada Halimah
Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk
disusui. Beliau tinggal di rumah
Halimah selama empat tahun.
Setelah itu, sang ibu mengambilnya
kembali.
Dengan tujuan untuk berkunjung ke
kerabat ayahnya di Madinah, sang
ibunda membawanya pergi ke
Madinah. Dalam perjalanan pulang
ke Makkah, ibundanya wafat dan
dikebumikan di Abwa`, sebuah
daerah yang terletak antara Makkah
dan Madinah. Setelah ibunda beliau
wafat, secara bergantian, kakek dan
paman beliau, Abdul Muthalib dan
Abu Thalib memelihara beliau. Pada
usia dua puluh lima tahun, beliau
menikah dengan Khadijah yang
waktu itu sudah berusia empat
puluh tahun. Beliau menjalani hidup
bersamanya selama dua puluh lima
tahun hingga ia wafat pada usia
enam puluh lima tahun.
Pada usia empat puluh tahun, beliau
diutus menjadi nabi oleh Allah. Ia
mewahyukan kepada beliau al-
Quran yang seluruh manusia dan
jin tidak mampu untuk
menandinginya. Ia menamakan
beliau sebagai pamungkas para nabi
dan memujinya karena kemuliaan
akhlaknya.
Beliau hidup di dunia ini selama
enam puluh tiga tahun. Menurut
pendapat masyhur, beliau wafat
pada hari Senin bulan Shafar 11
Hijriah di Madinah.
Bukti Kenabian Rasulullah saw
Secara global, kenabian seorang
nabi dapat diketahui melalui tiga
jalan:
1. Pengakuan sebagai nabi.
2. Kelayakan menjadi nabi.
3. Mukjizat.
Pengakuan Sebagai Nabi
Telah diketahui oleh setiap orang
bahwa Rasulullah saw telah
mengaku sebagai nabi di Makkah
pada tahun 611 M., masa di mana
syirik, penyembahan berhala dan
api telah menguasai seluruh dunia.
Hingga akhir usia, beliau selalu
mengajak umat manusia untuk
memeluk agama Islam, dan sangat
banyak sekali di antara mereka yang
mengikuti ajakan beliau itu.
Kelayakan Menjadi Nabi
Maksud asumsi di atas adalah
seorang yang mengaku menjadi
nabi harus memiliki akhlak dan
seluruh etika yang terpuji, dari sisi
kesempurnaan jiwa harus orang
yang paling utama, tinggi dan
sempurna, dan terbebaskan dari
segala karakterisitik yang tidak
terpuji. Semua itu telah dimiliki oleh
Rasulullah saw. Musuh dan teman
memuji beliau karena akhlaknya,
memberitakan sifat-sifat sempurna
dan kelakuan terpujinya dan
membebaskannya dari setiap
karakterisitik yang buruk.
Kesimpulannya, akhlak beliau yang
mulia, tata krama beliau yang
terpuji, perubahan dan revolusi
yang beliau cetuskan di seanterao
dunia, khususnya di Hijaz dan
jazirah Arab, dan sabda-sabda
beliau yang mulia berkenaan dengan
tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal
dan haram, serta nasihat-nasihat
beliau telah membuktikan kelayakan
beliau untuk menduduki kursi
kenabian, dan setiap orang yang
insaf tidak akan meragukan semua
itu.
Mukjizat
Mukjizat dapat disimpulkan dalam
lima hal:
1. Mukjizat akhlak.
2. Mukjizat ilmiah.
3. Mukjizat amaliah.
4. Mukjizat maknawiyah.
5. Mukjizat keturunan.
Mukjizat Akhlak
Sejak masa muda, Nabi Muhammad
saw telah dikenal dengan kejujuran,
amanat, kesabaran, ketegaran, dan
kedermawanan. Dalam kesabaran
dan kerendahan diri beliau tidak
memiliki sekutu dan dalam
kemanisan etika beliau tak
tertandingi. “Sesungguhnya engkau
berada di puncak akhlak yang
agung.” Dalam memaafkan, beliau
tak ada taranya. Ketika mendapatkan
gangguan dan cemoohan
masyarakatnya, beliau hanya
berkata اَللّهُمَّ اغْفِرْ
لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ
يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah,
ampunilah kaumku, karena mereka
tidak mengetahui.”Beliau selalu
mengharapkan kebaikan seluruh
umat manusia, penyayang dan
belas-kasih terhadap mereka. “Ia
belas-kasih dan pengasih terhadap
Mukminin.”
Beliau tidak pernah
menyembunyikan keceriaan wajah
terhadap para sahabat dan selalu
mencari berita tentang kondisi
mereka. Beliau selalu memberikan
tempat khusus kepada orang-orang
baik di sisi beliau. Orang yang paling
utama di sisi beliau adalah orang
yang dikenal dengan kebajikanya
terhadap Muslimin dan orang yang
termulia adalah orang yang lebih
bertindak toleran dan tolong-
menolong terhadap umat Islam.
Beliau tida pernah duduk dan
bangun (dari duduk) kecuali dengan
menyebut nama Allah dan
mayoritasnya, beliau duduk
menghadap ke arah Kiblat. Beliau
tidak pernah menentukan tempat
duduk khusus bagi dirinya. Beliau
memperlakukan masyarakat
sedemikian rupa sehingga mereka
merasa dirinya adalah orang
termulia di sisi beliau. Beliau tidak
banyak berbiacara dan tidak pernah
memotong pembicaraan seseorang
kecuali ia berbicara kebatilan. Beliau
tidak pernah mencela dan mencerca
seseorang. Beliau tidak pernah
mencari-cari kesalahan orang lain.
Budi pelerti beliau yang menyeluruh
telah meliputi seluruh umat
manusia. Beliau selalu sabar
menghadapi perangai buruk bangsa
Arab dan orang-orang yang asing
bagi beliau. Beliau selalu duduk di
atas tanah dan duduk bersama
orang-orang miskin serta makan
bersama mereka. Dalam makan dan
berpakaian, beliau tidak pernah
melebihi rakyat biasa. Setiap
berjumpa dengan seseorang, beliau
selalu memulai mengucapkan salam
dan berjabat tangan dengannya.
Beliau tidak pernah mengizinkan
siapa pun berdiri (untuk
menghormati)nya. Beliau selalu
menghormati orang-orang berilmu
dan berakhlak mulia. Dibandingkan
dengan yang lain, beliau lebih
bijaksana, sabar, adil, berani dan
pengasih. Beliau selalu menghormati
orang-orang tua, menyayangi anak-
anak kecil dan membantu orang-
orang yang terlantar. Sebisa
mungkin, beliau tidak pernah makan
sendirian. Ketika beliau meninggal
dunia, beliau tidak meninggalkan
sekeping Dinar dan Dirham pun.
Keberanian beliau sangat terkenal
sehingga Imam Ali as pernah
berkata: “Ketika perang mulai
memanas, kami berlindung kepada
beliau.”
Rasa memaafkan beliau sangat
besar. Ketika berhasil membebaskan
Makkah, beliau memegang pintu
Ka’bah seraya bersabda (kepada
musyrikin Makkah): “Apa yang kalian
katakan dan sangka sekarang?”
Mereka menjawab: “Kami
mengatakan dan menyangka
kebaikan (terhadapmu). Engkau
adalah seorang pemurah dan putra
seorang pemurah. Engkau telah
berhasil berkuasa terhadap kami.
Engkau pasti mampu melakukan
apa yang kau inginkan.” Mendengar
pengakuan mereka ini, hati beliau
tersentuh dan menangis. Ketika
penduduk Makkah melihat kejadian
itu, mereka pun turut menangis.
Setelah itu beliau bersabda: “Aku
mengatakan seperti apa yang
pernah dikatakan oleh saudaraku
Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi
kalian pada hari ini. Allah akan
mengampuni kalian, dan Ia adalah
Lebih Pengasih dari para
pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau
memaafkan seluruh kriminalitas dan
kejahatan yang pernah mereka
lakukan seraya mengucapkan sabda
beliau yang spektakuler: “Pergilah!
Kalian bebas.”
Mukjizat Ilmiah
Dengan merujuk kepada buku-buku
yang memuat sabda, pidato dan
nasihat-nasihat beliau secara
panjang lebar, mukjizat ilmiah beliau
ini dapat dipahami dengan jelas.
Mukjizat Amaliah
Dapat diakui bahwa seluruh perilaku
beliau dari sejak lahir hingga wafat
adalah sebuah mukjizat. Dengan
sedikit merenungkan kondisi dan
karakteristik masyarakat Hijaz,
khususnya masyarakat kala itu,
kemukjizatan seluruh perilaku beliau
akan jelas bagi kita. Beliau bak
sebuah bunga yang tumbuh di
ladang duri. Beliau tidak hanya tidak
terpengaruh oleh karakteristik duri-
duri itu, bahkan beliau berhasil
merubahnya. Beliau tidak hanya
terpengaruh oleh kondisi kehidupan
masyarakat kala itu, bahkan beliau
berhasil mempengaruhi gaya hidup
mereka.
Dalam kurun waktu dua puluh tiga
tahun, beliau telah berhasil
melakukan empat pekerjaan besar
dan fundamental meskipun banyak
aral melintang dan problema yang
melilit. Masing-masing pekerjaan itu
dalam kondisi normal semestinya
memerlukan usaha bertahun-tahun
untuk dapat tegak berdiri sepanjang
masa. Keempat pekerjaan besar itu
adalah sebagai berikut:
Pertama, berbeda dengan agama-
agama yang sedang berlaku pada
masa beliau, beliau mendirikan
sebuah agama baru yang bersifat
Ilahi. Beliau telah berhasil
menciptakan banyak orang beriman
kepada agama tersebut sehingga
sampai sekarang pun pengaruh
spiritual beliau masih kuat tertanam
di dalam lubuk hati ratusan juta
pengikutnya. Menjadikan seseorang
taat adalah sebuah pekerjaan yang
mudah. Akan tetapi, menundukkan
hati masyarakat, itu pun sebuah
masyarakat fanatis dan bodoh tanpa
syarat dan menjadikan mereka taat
dari lubuk hati bukanlah sebuah
pekerjaan yang mudah.
Kedua, dari kabilah-kabilah
berpecah-belah yang selalu saling
bermusuhan dan memiliki hobi
berperang, beliau berhasil sebuah
umat yang satu dan menjalin
persaudaraan, persamaan,
kebebasan dan kesatun kalimat
dalam arti yang sebenarnya di
antara mereka. Setelah beberapa
tahun berlalu, beliau berhasil
membentuk sebuah umat yang
bernama umat Muhammad saw.
Hingga sekarang umat ini masih
eksis dan terus bertambah.
Ketiga, di tengah-tengah kabilah
yang berpecah-belah, masing-
masing memiliki seorang
pemimpin, biasa melakukan
pekerjaan secara tersendiri dan tidak
pernah memiliki sebuah
pemerintahan yang terpusat itu,
beliau berhasil membentuk sebuah
pemerintahan yang berlandaskan
kepada kebebasan dan kemerdekaan
yang sempurna. Dari sisi kekuatan
dan kemampuan, pemerintahan ini
pernah menjadi satu-satunya
pemerintahan mutlak di dunia
setelah satu abad berlalu.
Beliau pernah menulis enam surat
dalam satu hari kepada para raja
penguasa masa itu dan mengajak
mereka untuk memeluk Islam, raja-
raja yang menganggap diri mereka
berada di puncak kekuatan dan
meremehkan kaum Arab.
Ketika surat beliau sampai ke tangan
raja Iran dan melihat nama beliau
disebutkan di atas namanya, ia
marah seraya memerintahkan para
suruhannya untuk pergi ke Madinah
dan membawa Muhammad ke
hadapannya.
Ya! Para raja itu berpikir bahwa
bangsa Arab adalah sebuah bangsa
yang tidak akan menunjukkan reaksi
apa pun di hadapan pasukan kecil
seperti bala tentara Habasyah.
Bahkan, mereka akan lari tunggang-
langgang meninggalkan Makkah dan
kehidupan mereka, serta berlindung
ke gunung-gunung. Mereka tidak
dapat memahami bahwa bangsa
Arab telah memiliki seorang
pemimpin Ilahi dan mereka
bukanlah bangsa Arab yang dulu
lagi.
Keempat, dalam kurun waktu dua
puluh tiga tahun, beliau telah
menetapkan dan menunjukkan
sederetan undang-undang yang
mencakup seluruh kebutuhan umat
manusia. Undang-undang ini akan
tetap kekal hingga hari Kiamat, dan
mempraktikkannya dapat
mendatangkan kebahagiaan umat
manusia. Undang-undang ini tidak
akan pernah layu. “Kehalalan
Muhammad adalah halal selamanya
hingga hari Kiamat dan
keharamannya adalah haram
selamanya hingga hari Kiamat.”[1]
Undang-undang ini akan selamanya
hidup kekal. Di hauzah-hauzah
ilmiah selalu dibahas dan
didiskusikan oleh para fuqaha besar
dalam sebuah obyek pembahasan
fiqih, Furu’uddin dan kewajiban
amaliah.
Mukjizat Ma’nawiyah
Mukjizat abadi beliau adalah al-
Quran yang telah turun kepada
beliau dalam kurun waktu dua puluh
tiga tahun, dan dari sejak saat itu
hingga sekarang selalu
mendapatkan perhatian dan
penelaahan dari berbagai segi oleh
seluruh masyarakat dunia. Kitab ini
berhasil membangkitkan rasa heran
para ilmuan dan sepanjang masa
masih memiliki kekokohan dan
kedudukannya yang mulia. Kitab ini
terselamatkan dari segala bentuk
tahrif, pengurangan dan
penambahan. Ratusan tafsir dan
buku tentang hakikat arti dan kosa
katanya telah ditulis. Allah telah
menjamin keterjagaannya dalam
firman-Nya:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا
الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ
لَحَافِظُوْنَ
“ Kami-lah yang telah menurunkan
al-Quran ini dan Kami pulalah yang
akan menjaganya.”[2]
Mukjizat Keturunan
Salah satu mukjizat beliau yang lain
adalah keturunan suci beliau yang
terjaga dari dosa. Hanya kedudukan
tinggi kenabianlah yang mampu
menghaturkan putri-putri dan para
imam ma’shum seperti ini kepada
masyarakat. Seseorang yang sadar
dengan memperhatikan ilmu,
kehidupan, ucapan dan perilaku
Ahlubait as akan mengakui bahwa
setiap dari mereka, sebagaimana al-
Quran, adalah dalil tersendiri atas
kenabian Rasulullah saw.
Seandainya tidak ada dalil lain untuk
membuktikan kenabian Rasulullah
saw kecuali keberadaan keturunan
semacam itu, hal itu sudah
mencukupi dan hujjah sudah
sempurna. Pembahasan panjang-
lebar tentang masalah ini tidak
relevan untuk kesempatan pendek
ini.
KARAKTER DAN KEUTAMAAN
RASULLULLAH SAW
Salah satu karekter rasulullah saw
yang paling menonjol adalah
kemenangan tidak menjaga kan dia
bangga hal ini bisa kita lihat diperang
badar dan pembebasan kita makkah
(fathu makkah) dan kekalahan tidak
membuat dia putus asa dapat kita
lihat pristiwa perang uhud bahkan
dengan cekatan is mempersiapkan
pasukan baru untuk menghadapi
hamru”ul asad dan pengingkari
perjanjian yang dilakukan kaum
yahudi bani quraizah ,dan
kewaspadaan beliau,selalu
mengedek kekuatan musuh dengan
teliti dan mempersiapkan segalanya.
Dia memperlakukan kaum dan
pengikutnya dengan tujuan
mempererat silaturrahmi dan selalu
menamamkan rasa percaya diri
dalam mereka is selalu mengasihi
anak anak kecil dan mengayomi
mereka.berbuat baik dengan fakir
miskin dan terhadap hewan dia
selalu menanamkan rasa kasih
sayang dan melarang untuk
menyakiti binatang
Salah satu contoh rasa
prikemanusian rasul saw adalah
ketika mengutus pasukan untuk
berperang dengan musuh dia selalu
berpesan tidak boleh menyerang
kaum sipil,dia lebih memilih damai
terhadap musuh dari pada
berperang ketika berperang dia
berpesan tidak boleh membunuh
lanjut usia anak kecil perempuan
dan mengniaya musuh yang sudah
tidak berdaya
Ketika kaum quraisi minta suaka
politik kepadanya ia tidak
memberlakukan baikot ekonomi
bahkan ia menyepakati import
gandum dari yaman
Ia juga menyerukan realisasikan
sebuah perdamaian dunia dan
melarang peperanga kecuali hal
yang darurat
D. USAHA RASUL SAW DALAM
MEMBENTUK MASYARAKAT
&BERPRIKEMANUSIAN
Kedatangan rasul adalah sebuah
rahmat bagi manusia semuanya is
tidak pernah membedakan
seseorang pun baik itu kulit putih
atau kulit hitam dan dari suku
bangsa mana,karma semua
manusia itu makan dari rizki allah
yang diberikan allah
Rasul saw mengajak manusia untuk
1:meningkatkan harkat martabat
manusia ia bersabda semua
manusia berasil dari adam dan ia
berasal dari tanah
2: mengajak damai sebelum perang
3: memaafkan sebelom membalas
4: mempermudah seseorang
sebelom membalas perbuatan
dari uraian diatas dapat kita
simpulkan bahwa peperangan yang
dilaksanakan bertujuan untuk
merealisasikan tujuan tujuan insani
yang agung dan menuju kepada
tatanan masyarakat yang
berprikemanusian
ia telah membuktikan bahwa dirinya
adalah sebuah rahmat bagi manusia
dan alam semesta peristiwa itu bisa
dilihat dari pembebasan kota
makkah dangan segala kemenangan
yang telah digapai saat itu ia tetap
berbuat baik dengan musuh dan
enggan untuk membalas dendam
padahal ia dapat melaksanakan ia
pernah memaafkan mereka dengan
sabda”pergilah kalian karma kalian
sekarang sudah bebas pada waktu
perang dzatur riqa dia berasil
menangkap pemimpin gauts bin al
harits yang berusaha beberapa kali
membunuh beliau akan tetapi tetap
dimaafkan
rasul memperlakukan tawanan
perang dengan baik ,ia telah
membebaskan seorang tawanan
perang dengan tangan dia sendiri
disaat ia mendengar keluhan rasa
sakit tangannya diikat.
RASUL SEBAGAI PANGLIMA
PERANG
Kita bisa lihat keberasilan beliau
dalam memenangkan peperangan
dan menciptakan perdamaian dan
mengujudkan manusia yang
berakhlak dan memimpin pasukan
dengan gagah berani
TATA KRAMA BERGAUL
Beliau tidak pernah sombong dalam
pergaulan selalu tersenyum berbuat
baik sesame manusia selalu
menyenguk orang sakit tidak pernah
memotong pembicaraan lawan
tidak pernah mengangap dirinya
mulia dari teman yang diajak bicara
Masih banyak lagi sipat2 rasul yang
kita bisa dapat teladani.. mudah2an
kita bisa dapat meniru akhlak
rasulullah amin….
mudah mudahan kita berusaha
untuk bisa menjadikan nabi
muhammad sebagai huswatun
hasanah dalam kehidupan kita amin